Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Data Sederhana Dengan Menggunakan Microsoft Excel

Gambar Produk 1
Rp 75.000 Tersedia
Analisis deskriptif bukan berarti menarasikan hasil penelitian. Analisis deskriptif adalah sebuah analisis statistik yang bisa digunakan untuk membantu memaparkan hasil penelitian menjadi lebih jelas.
Masalah di atas adalah salah satu keresahan yang saya alami selama menjadi dosen pembimbing dan penguji. Harus diakui bahwa banyak Mahasiswa yang masih belum paham mengenai analisis data, membuat hipotesis hingga menguji hipotesis tersebut.
Padahal sebagai sebuah bagian dari tugas akhir, analisis data menjadi kunci dalam memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Kesalahan dalam melakukan analisis data menyebabkan kesalahan pada hasil penelitian yang akan dituangkan dan dipublikasikan.
Sebenarnya ada banyak sekali buku-buku yang menjelaskan mengenai analisis data. Beberapa bahkan sudah ditulis hingga ratusan halaman. Namun sedikit sekali buku yang menjelaskan analisis data secara sederhana, ringkas, praktis dan menggunakan alat bantu yang mudah digunakan seperti Microsoft Excel. Apalagi yang disertai dengan contoh-contoh yang mudah dipahami dengan penjelasan hasil analisis seperti nilai p value atau f hitung yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan hasil penelitian.
Buku ini hadir sebagai jawaban atas keresahan tersebut. Walaupun hanya sebagai “pembuka” sebelum melakukan analisis data, namun buku ini berupaya memberikan pondasi yang ringkas dan mudah dipahami sebelum mencoba mencari jawaban yang lebih dalam pada buku lain yang lebih lengkap.
Pesan Sekarang